Senin, 30 November 2009

education of life

Pendidikan menunjang setiap gerak langkah dalam kehidupan sehari-hari yang dimulai dari masa bayi sampai tutup usia. Hal ini perlu menjadi acuan bagi setiap insan untuk meraih masa depan yang lebih baik

49 komentar:

  1. pendidikan di smk muhammadiyah sangat bagus, tapi sayangnya penerapan prakteknya kurang,, kecuali di tkj,, yaaa...... karena di tkj setiap saat selalu praktek, itu pun alat prakteknya yang masih sehat cuma beberapa, dan alatnya pun ada juga yang memakai alat pribadi,, tapi kok ga diakui yaaa......
    astagfirullah........
    malah dikira kami yang menghabiskan dana tombok untuk itu...
    kapan keadilan akan di tegakkan...????????
    maafkan kami jika kami membicarakan tentang ini,, mungkin kaREna kami sudah begitu panas mendengar kata - kata seperti itu,,
    kami sekolah ini tujuannya untuk mencari ilmu, bukan mencari musuh,,
    soal baju yang kami pakai,,
    mengapa hanya baju kami yang di protes??
    kelas 3 yang memakai baju jas tanpa ada lambang muhammadiyah saja boleh, tapi baju kami yang jelas" ada lambangnya tidak boleh,,
    apa alasannya????
    kami perlu penjelasan..........
    tidak hanya menerima sindiran - sindiran yang membuat hati kami sakit.

    BalasHapus
  2. pendidikan di smk muhammadiyah sangat baik, tapi sayangnya cara mengajarnya yang kurang baik. yang namanya sekolah smk pastinya banyak pada kegiatan prakteknya, tapi kalau begini cara belajarnya gimana bisa menjadi baik sekolah ini, gimana nasip pelajar disini untuk kedepannya??? mungkin saja alat praktek di sini masih sangat kurang, tapi mengapa bisa begitu??? padahal setiap sekolah itu pastinya dapat biaya untuk kebutuhan sekolah itu sendiri, tapi di mana biaya itu semua???
    ada juga praktek yang menggunakan alat-alat pribadi, dikarenakan kurangnya alat-alat untuk praktek disini, tapi mengapa itu semua masih dianggap salah..!!! yang katanya banyaknya biaya yang dipake .
    banyak permasalahan yang selalu timbul di sekolah ini cuma karna hal" yang kecil yang dibesarkan , tidak ada kekompakan disekolah ini sehingga tidak pernah adanya ketenangan satu sama yang lainnya. gimana sekolah ini mau menjadi yang terbaik????????????

    BalasHapus
  3. SMK muhammadiyah memiliki beberapa jurusan. jurusan yang baru saja di buka tahun ini adalah jurusan TKJ tetapi jurusan yang baru di buka tahun ini sudah banyak konflik dari yang masalah baju, tkj di kira menghabiskan dana sekolah, sampai yang gosip-gosip sekarang TKJ mau di HAPUSKAN.
    padahal jurusan tkj ini baru saja di buka tetapi mangapa jurusan yang sekarang di cari-cari ma orang-orang pelajar mau di hapuskan.?????????
    apa masalahnya????????
    apa TKJ itu membuat onar ,,,,,,,,,,,
    tapi membuat onar dari mana nya?????????.
    sedangakan jika jurusan kami di bubarkan kami mau belajar apa lagi tentang tkj.
    apa kami akan di pindahkan jurusan yang pada awal nya kami sudah benar-benar niat masuk ke jurusan tkj???????
    kenapa kemarin jurusan pemasaran yang tidak di bubarkan ????
    sedangkan kemarin yang mendaftar hanya satu orang. dan yang tkj kemarin yang mendaftar kira-kira ada 11 orang tetapi mengapa TKJ yang harus di bubarkan ?????????
    padahal dari situ saja sudah nampak kalau perbandingan TKJ dengan pemasaran jauh berbeda.

    BalasHapus
  4. smk muhammadiyah merupakan sekolah yang memiliki 4 jurusan...
    jurusan itu adalah:
    marketing, akuntansi, otomotif dan tkj.
    tkj merupakan jurusan yang paling akhir yang ada di smk muhammaiyah..
    jurusan tkj merupakan jurusan yang harusnya membuka wawasan untuk kita agar kita tidak gagap dengan teknologi...
    eh malah kehadiran kita dianggap sebagai pengganggu yang ada di smk muhammadiyah...
    yang dibilang menghabiskan uang dana sekolah.???
    aduuhhh...
    baju kami aja dianggap salah...
    padahal di baju kami terdapat lambang smk muhammadiyah,,,
    yaaa cuma ditambahi lambang linux sama lambang cyber aja.....
    salah juga.....
    linux blank_on adalah sebuah linux yang dibuat oleh orang indonesia.... yang tinggal di Yogyakarta......
    kalau yang cyber itu yaaaaa tau sih kami,,, tapi jika kita orang teknik pasti tau apa itu cyber....?????
    astagfirullah...
    kapan kami mendapat keadilan yang pasti??????
    kenapa dengan kehadiran tkj sekolah ni merasa dirugikan?????
    padahal kami merasa tidak merugikan orang lain...!!!!
    hanya orang - orang yang syirik pada kami saja merasa dirugikan ole kami.............??!!!!

    semoga saja hati orang - orang ini bisa terbuka......
    dan bisa mendapat pemimpin yang bisa dibuat panutan yang baik untuk kami.....!!!!

    BalasHapus
  5. di sungai bahar ada yang nama ya smk muhammadiyah yang mana terdapat empat(4) jurusan ,
    yaitu:1 MARKETING
    2 AKUTANSI
    3 OTOMOTIF
    4 TKJ
    dan cara pembelajaran ya duhhhhhhhhhhh amattttttttt-amattttttttt buruk sekali......!!!!! tapi kenapa di antara ke 4 jurusan itu tkj akan di lebur kan apa alasan ya........ apa......????????????? Apa karna siswa-siswi yang sedikit apa karna itu.........!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! kalou memang alasanya karna itu knpa gak dari awal saja itu jurusan marketing yang dileburkan karena dari awal pendaftaran marketing hanya ada 1 orang yang mendaftar dan tkj ada 11 orang mengapa oh mengapa dan mengapa................... harus harus tkj yang di lebur kan apa salah ya apa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, kata ya pendidikan akan menunjang ke depan dengan lebih baik lagi, lebih baik gimana kalou kita gak ngerti ap itu computer ,,,,,,,,,, dan hanya orang-orang yang stupid yang mengatakan kita di perbudak dengan teknologi ,,,,,,,,,,,,,,,, karena sebenernya kita lah yang memperbudak teknologi , dari saya pribadi saya sangat tersinggung dengan kata-kata YANG MERASA MASIH NUMPANG SILAH KAN KAN PINDAH . kata-kata ini sangat menyinggung sekali karena kami disini di SMK MUHAMMADIYAH juga sama-sama ikut membayar ........

    BalasHapus
  6. DiSMK ini saya bersekolah mengambil jurusan akuntansi, sebenarnya cukup menyenangkan cieh belajar disekolah ini...but, kenapa ea sekolah yang seharusnya nyaman buat belajar, justru membuat ku bingung ada apa sebenar ny dg sekolah ini...
    pertama, jurusan yg baru dibuat koq mau dihapuz lg, apa coba maksud nya??? baguz apa kaya' gt.....
    padahal fakta nya banyak yg berminat untuk masuk kejurusan tsb, kalau pada akhir nya jadi kaya gini, kenapa dimuncul kan sebuah jurusan tsb yg membuat anak" tertarik,,,?????
    toh.....sekarang niat dihapuzkan kembali yang membuat para siswa nya kecewa dan jengkel atas pernyataan itu....
    akhir" ini saya pribadi merasa jenuh akan keadaan sekolah SMK MUHAMMADIYAH ini,,,apa lagi dalam hal belajar.....
    hah,,,,,,,,,,,,,,andaikan saja kalian ngerti akan perasaan ku slama ini...
    jurusan TKJ itu sangat dibutuhkan lho diSMK ini...cobalah pikir-pikir lagi....

    BalasHapus
  7. Bidang teknologi pendidikan merupakan bidang kajian ilmu aplikasi yang memiliki spektrum cukup luas. Pengertian teknologi sesungguhnya tidak hanya berkaitan dengan kecanggihan perangkat keras hasil dari produk industri elektronika. Teknologi jika diterapkan pada konteks pendidikan sebagai salah satu bagian dari ilmu sosial bermakna sebagai proses pengolahan informasi kependidikan untuk dipecahkan guna menghasilkan produk dalam bentuk solusi masalah kependidikan. Pengertian pendidikan tersebut diatas khususnya mencakup aspek pembelajaran (instruction). Proses pemecahan masalah dengan menggunakan diskusi dan pemikiran intensif yang teruji secara empirik tersebut identik dengan proses pengolahan bahan baku dalam suatu pabrik untuk menghasilkan produk teknologi. Inilah kesamaan makna teknologi dalam konteks keteknikan dengan konteks ilmu pendidikan.
    Pengertian teknologi pendidikan penurut AECT (The Association for Educational Communications and Technology) tahun 2008 merupakan bidang ilmu yang mempelajari secara teoritik dan praktek beretika dalam memfasilitasi dan meningkatkan kinerja pembelajaran melalui penciptaan, penggunaan dan pengelolaan proses dan sumber teknologi yang tepat. Teknologi pendidikan merupakan bidang kajian antar disiplin ilmu. Disipilin ilmu tersebut meliputi bidang pendidikan, psikologi, komunikasi, komputer, informasi, social- ekonomi-budaya dan keteknikan.
    Kajian terintegrasi antar bidang keilmuan tersebut menghasil produk dalam bentuk teori, model, konsep, prinsip dan prosedur yang digunakan dalam pembelajaran. Teori yang dihasilkan antara lain elaboration, algorithm, component-display, instructional design, message design, instructional transaction dan integrated thematic. Model yang dihasilkan antara lain instructional design (improving instructors’ competency, instructional product development, instructional system development dan institutional/ organization development), open and distance learning dan online / e/ network learning. Konsep yang dihasilkan antara lain instruction, students’ active learning, bottom-up approach, learning resources, open & distance learning, learning how to learn, knowledge society, learning organization, learning environment dan learning acknowledgement. Prinsip-prinsip yang dihasilkan antara lain open system, students’ centered learning, holistic approach involving all components, systematic & synergetic approach, institutional independency, authentic evaluation, knowledge management, informal learning dan scaffolding. Prosedur yang dihasilkan antara lain systematic instructional design, macro & micro organizational strategies of lesson, instructional delivery strategies, learning management strategies dan context-based evaluation. Memperhatikan produk-produk yang dihasilkan tersebut maka program studi ini sangat cocok bagi para pelaku pendidikan, khususnya para tenaga pendidik dan kependidikan (tendik). Produk-produk yang dihasilkan tersebut akan membangun paradigma baru bagi tendik dalam melaksanakan tugas kesehariannya untuk memecehkan masalah pembelajaran. Perubahan paradigma teacher centre learning menjadi student centre learning menjadi topic kajian yang terus dikembangkan untuk dapat membelajarkan peserta didik supaya terbentuk karakter untuk dapat belajar secara mandiri.

    lupa dengan kalimat diatas,pak?
    itu kan bagian awal intro MTP...

    mau dibahas lebih lanjut?
    monggo,silahkan,go a head...

    anytime,anywhere,anyplace...
    kita memang butuh brainstorming buat membuka tempurung otak dan wawasan serta landasan cara berfikir kita kok....

    with peace and regards..

    BalasHapus
  8. vVxh.....
    sekoLh sy4 iNi bNER" uNik.... 4d b4e sekoLh ko' kek gNi,
    dsMk nhE sy4 ngMbL jrvs4n 4kunt4nsi, brhrp sy4 bz4 mnd4l4mi jurus4n nhe, tpi kNyt44n_x 4p.... ko' prktEk_x gc dh4..... sr4n4 gc mm4d4i... gMn4 bz4 mjv,
    Akunt4nsi mNt4 k4lkul4tor b4e d4k do dksh y mNcvkvpi..... sdNgkN otomotif, vd4 4d bNgkEL..... sdh ne4nd..... msh iNGEt kjdi44n wkt t, mNt4 HVS bhE bNy ciNcoNg.... pdhL bwt kpNtngn bLjr.....
    cob4 Lh rel4v4n wh4i wrg4 SMk M, kt4 br4d4 & tNggL di s4Tv 4Tp.. tp kNp, tdk 4d rs4 kekelu4rg44n sdkt pn... 4p jd_x, kL4v skLh iNi dhuni oLh orNg" y brkNfLk......
    sy4 sbg sisw4 mNntut knym4N4N & KDM4I4N... sy4 rNdv skoLh sprti t,
    kpN e4, skLh sy4 nHE, bs4 mNjdiskoLh y bNER" kt4 sMv4 hrpkn.......
    prdm4i4n tuch Lbh iNd4h dr sgL4_x.....
    bwt 4p mMbu4Ng" wkt tuk sLNg mNjtuhkN.....

    BalasHapus
  9. yg unik bin aneh itu yo kamu,sri...
    gek nulis opo to kuwi...gak iso diwoco...

    apa iya saya saking goblognya sampe kayak orang buta huruf,atau memang bener bener 'gak gaul' jadi emang gak iso moco?

    by the way,
    gak ada saling menjatuhkan segala macem..gak ada gunanya..
    wong ini semua dalam rangka meluruskan sesuatu yang 'dengan sengaja di bengkokkan kok'

    [*baca data validatif*]

    segala sesuatu kan kudunya mempunyai data dasar yang valid to,ndhuk...

    lha kalo cuman sekedar 'omdo' atau omong doang seh anak tk juga bisa

    soalnya bagaimanapun juga konspirasi yag akan merusak masa depan harapan bangsa kek kamu kamu itu semua yang harus di basmi...jangan ada lagi "pembodohan secara permanen" ke siswa siswi smkm lagi..

    SMK = sekolah menengah kejuruan lho....
    kalau gak banyak praktek,trus gak ada fasilitas praktek,mau jadi apa di kemudian hari...kalau kalian semua masih gaptek juga ( alhamdulillah sebagian sudah "insyaf") mau jadi apa 10 tahun ke dpan?

    masalah para guru dan yang lain lain pada gaptek mah biarin aja...yg penting kalian tetep berusaha untuk maju...

    tidak ada yang bisa dibanggakan dari hasil lulusan kalian kelak kalau kalian mendapatkan nilai dari 'bocoran'....

    pilih mana; berusaha keras untuk belajar supaya mendapatkan ilmu pengetahuan dan lulus meskipun dengan nilai minimum,atau sekolah dengan malas dan dapat nilai bagus karena 'bocoran ujian'?

    pilihan ada di tangan kalian....

    tapi kalo sempet milih opsi yang kedua;
    parah parahhhhhh.....

    ahiahahahahahahaha......

    keep your smile on,ndhuk....

    BalasHapus
  10. ya maaf pk kalau tidak bisa di baca.
    kemarin nulisnya buru-buru.
    kalau iya dalam rangka meluruskan sesuatu yg sengaja di bengkokkan, sya sri hastuti kelas X1 akt anknya pk budi.. sangat-sangat setuju...
    wajib di basmi tuch yg namanya pembodohan secara permanen, mematahkan jiwa-jiwa generasi muda penerus bangsa, khususnya seperti sya ini.
    10 thn kedepan sya mw jd orang lh pk, he.. hE,
    sya pilih bekerja keras utk belajar supaya mendapatkan ilmu pengetahuan dan lulus meskipun dg nilai minimum. geh opo nilai apik kalau uduk hasil kerja kerja sendiri. yoh to......
    oc, smile.....

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah masih ada yg "sehat batin'nya...ehehehe...

    keep your hardworking,ndhuk...

    yg namanya tantangan dan hambatan itu kan buat di hadapi,bukan buat di hindari....

    have a nice smile....

    BalasHapus
  12. bTvL...... btuL........
    tantangan & hambatan itu hrs dhdpi dg sgnap kmm4mpuan smpai titik drah pghabisan... hE'.....

    BalasHapus
  13. saya sklh dismk muhammadiyah jurusan pemasaran.
    menurut saya sistem belajar pak yudi ckup bgus.

    BalasHapus
  14. tetapi yg saya kurang senangi yaitu jika salah satu teman saya yg belum mengerti bertanya selalu dijawab dengan jawaban yg aneh.

    BalasHapus
  15. yang saya inginkan belajar seperti sekolah-sekolah laen,guru tidak lagi menulis,tetapi menggunakan infokus.

    BalasHapus
  16. saya sekolah dismk muhammadiyah jurusan pemasaran. saya sangat cocok dipemasaran dan insallah akan menjadi bekal dimasa depan.

    BalasHapus
  17. dari sisi lain smk muhammadiyah khususnya jurusan pemasaran akan menjadikan menejer bagi perusahan.

    BalasHapus
  18. jadi jaganlah ragu ragu sekolah dismk muhammadiyah terutama dijurusan pemasaran agar menjadi menejer di berbagai perusahaan

    BalasHapus
  19. saya ingin smk muhammadiyah mempunyai lembaga dan potensi kedisiplinan dan tata tertib yang teratur .

    BalasHapus
  20. saya ingin memajukan smk muhammadiyah agar smk muhammadiyah tidak di remehkan oleh sekolah-sekolah lain .

    BalasHapus
  21. jawaban yg aneh gimana,nak?
    sopo yg kasih jawaban aneh?kek gimana jawaban aneh itu sih?

    contoh; siapakah nama pak erte kampung dukuh yang rumahnya belakang pos ronda <- ini pertanyaan yg aneh....

    ehehehehehe...akhirnya satu orang murid smkm sudah meninggalkan kegaptekannya....

    MAJU TERUSSSSS!!!!!!

    BalasHapus
  22. hukumlah guru yang terlambat jangan hanya murid-murid nya saja yang dihukum jika terlambat................

    BalasHapus
  23. catatan pinggir..

    kalau kasih comment yg banyak dikit gitu lho...mosok ngetik cuman 2 kalimat doang...

    wealahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.....piye to...

    MAJU TERUS PMS!!

    BalasHapus
  24. buat lah sekolah smk muhammadiyah senyaman mungkin agar murid-murid tidak ada yang membolos...............

    BalasHapus
  25. tunjukin namanya sopo guru guru yg hobi telat masuk...sapa tau bisa jadi bahan pertimbangan..

    ide bagus,nak.....lanjutkan!

    BalasHapus
  26. tkj jadi bubar ga yaaaaaaaaa....
    aduuuhhhhhh.........
    bagaimana yaaaa kalau seumpamanya tkj jadi bubar.........
    trus nasib kami bagaimana,,,,?????????
    meskipun kami sudah menemukan tempat untuk kami belajar lagi tapi sepertinya jika guru di smk uhammadiyah tidak berkonflik pasti kami bisa tidak bingung
    ...
    meski kami merasa benar,,,
    tapi jika kami ada di dua sisi yang berbeda,,,
    kami tetep aja bingung...
    aduuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhh.,....
    mana tugas ku ni banyak lagi,,,,,,,,
    posting ke 3 alamat blogger,,,,.
    yah termasuk blog aku sendiri..

    BalasHapus
  27. Mana referensi situs tentang Blank On nya?

    kasihan kalau sampai nanti Guru guru, Staff dan bapak boss kita beserta jajaran PCM masih menganggap bahwa Blank On Linux masih berupa blangkon biasa....

    Tunjukkan bahwa kalian sudah tidak gagap tehnologi lagi dan bisa mencari serta menyaring Informasi dari teknologi cyber...

    BalasHapus
  28. kesalnya jadi panitia klas miting
    saya sangat kesal menjadi ketua klas miting karena jadi panitia ini banyak rapatnya .,,,,,,,,,,,,,
    udah plangnya sore terus ,ne gara gara ny ketua panitia nya yang tidak benar mengatasi anak buahnya,,,,,,
    coba aq jdi ketua panitianya mungkin persoalalnpersoalannya cpet terlaksana,,,,,,,,
    yaaaaa.....
    bukannya sombong sihhh...
    tapi mungkin juga aku bisa sanggup untuk mengerjakan tugas ku untuk jadi panitia............
    tapi saya sngat senang karena clas miting ini sudah selesai,saya tinggal istirahat diruah
    enaknya represingggggyukkkkkkkkkk

    BalasHapus
  29. hari yang mencapekan
    tadi pada hari rabu kami di sekolah telah mengadakan clasmiting ,,,,,,,,,,,
    saya diklas miting ini saya bermai bola vutsal dan volli ,,,,,,,
    hari ne sangat cpek sekalii saya di tim voli itu saya dapat ju7ara 2 dari tiga tim,,,,,,,,
    tapi hadiah nya cuma ale ale,kmi sangat kcewa ngikut perlombaan itu low hadiahnya cma ale ale......

    bdan udah cpek cpek tpi hadiahnya cuma 20 ribu apa solahan itu kere /ngak punya modal......
    ngomonggggggggggggggggg,low ngak punya modal bilang ma bapak aquuuuu........
    hadiah ini sangat manyedih kan,,kpan skolah maju low mengadakan klas miting aja biayanya kurang,,,,,,,kere,kere,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  30. satpam mengambil alih jadi guru olah raga
    sekarang di smk muhammadiyah telah ada satpam ''''''''''''''
    yng kerjanya seperti kepala scolah ..............
    kami sangat heran baru skarang ada satpam yang tugasny seperti kpala skolah ,,,
    jika saya menjadi kpala skolahnya saya akan memecat satpam tersebut ....



    oh mengapa,oh mengapa ,,,,,,,,,,,skolah ini sngat menyedih kan
    ,apalagi ada satpam yang tingkah lakunya seperti kepala sekolah ..
    pusiang,pusiank,,,pusiank...../////////////

    BalasHapus
  31. smk muhammadiyah belum sembuh benar
    sekarang smk muhammadiyah lumayan sedikit berkurang penyakitnyaaa.....
    yaaahhhhh meski penyakitnya itu adalah BEDA PRINSIP........
    tapi kami juga merasakan tentang hal itu...
    kami jadi bingung...


    tapi sepertinya kami berada di prinsip yang lurus......
    yaaaaaaa...
    karena kami berada di jalur yang llurus jadinya prinsip yang menurut kami ikuti,,,,,,
    yaaaa kami jadi dimusuhi dengan orang - orang itu...
    tapi tak papalahhh...
    kami merasa benar,,,,

    BalasHapus
  32. soal ujian kkpi yang kelas selain tkj mendapatkan jawaban dari gurunya
    kkpi kemarin soal ujiannya tidak begitu susah utnuk kelas lainnya.......
    yaaaa jelas....
    isinya juga udah dikasih tau sama guru kkpi mereka..........
    mending mikir sndiri...........


    duh apa lagi kemuhammadiyahan kemarin,,,
    kelas 2 udah ada jawabannya semua.......
    coba bayangkan,,,,,,,,,,
    ngapain guru itu buat soal supaya mrid mereka naik kelas,,,,,,,,
    tapi jawabannya sudah tersedia?????????
    enak niaaaannnnnn.....................

    BalasHapus
  33. sekolah smk muhammadiyah harus diperbaiki supaya lebih bagus....

    BalasHapus
  34. smk muhammadiyah adalah sekolah yg mempunyai semangat yg tinggi agar sekolah ini teruus maju.......

    BalasHapus
  35. tiada hari tanpa ada hukuman
    satpam..........
    selalu mencari - cari alasan untuk menghukum muriod yang dia anggap selalu salah di depan matanya,,,,,
    yang katanya boloslah...........
    inilah itu lah,,,,,,,,,,,
    accccchhhhhhhhhhh bosan dengan itu,,,,,
    waktu itu ada kejadian tentang ban motor dia yang bocor karena ada paku yang menempel di ban motornya,,,,,
    ehhhh.....
    seluruh siswa smk muhammadiyah dituduhnya karena peristiwa itu,,,

    tapi kenapa yaaaaa...........
    dia itu tidak mikir gimana yaaa...
    ban keras kalau di tancepin pake paku kan yang pasti ga bakalan bisa...........
    ga mikir dari situnya dia,,,

    BalasHapus
  36. menurut saya smk muhammadiyah sudah banyak perkembangan dari sebelum nya .dan saya berharap smk muhammadiyah akan lebih maju

    BalasHapus
  37. smk mmuhammadiyah fasilatas nya sangat terbatas , walaupun begitu smk muhammadiyah sering memenagkan kejuaraan tingkat kabupaten .

    BalasHapus
  38. smk muhammadiyah merupakan sekolah yang memiliki banyak jurusan diantara nya; pemasaran, akutansi, otomotif, dan tkj.

    BalasHapus
  39. smk muhammadiyah menurut saya kurang tertib baik murid nya maupun guruna , dan minat sekolah siswa nya sangat kurang.

    BalasHapus
  40. sahabat yang terpenting
    pertama aku kenal yang nama nya sahabat, dulu rasa nya nyaman, karena dengan adanya sahabat kita bisa saling berbagi ceria, bisa saling mengerti, satu sama lain. sahabat bagi ku adalah yang terpenting bagi ku dari pada pacar. karena sahabat sampai kapan pun tak kan pernah ada kata putus..... yach karena dengan ada nya sahabat susah dan senang di jalani bersama ..................... karena sampai sekarang aku masih merasakan yang nama nya punya sahabat,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, yach pokok nya sahabat akan selalu ada untuk ku dech........................ sahabat selalu bisa membantu kita dalam menyelesaikan masalah, dan sahabat itu,,,,,,,,,,,,,,,, bisa mengerti satu sama lain dalam suka maupun duka.....................................sahabat aku selau ada untuk mu.......................

    bila sahabat itu tidak menusuk mu dari belakang..........

    BalasHapus
  41. Tiada hari tanpa sebellLL

    Awal q msuk skolah, rasa'y happy, seneng, fine sampe orang spt mr.Rahmat dtg,
    0rg nyblin,
    sotoy,
    sok X Pun.!
    Kpn au p.g manusia,

    nah skg q dger lg kalo guru sMKM ngash bocoran esay ma murid'y,
    ea bgtu lc,
    smua kelas dksh,
    tp anak tkj, akuntan klz 2, ma 2 otom0tif ga ada xg ngm0ng,
    huftt,
    maklum lch,
    brati mrka ngakui kalo kami pntr,,
    yoo kan,
    tp mslh ni ga tak ag9p srius kq,
    alna mslh lain msh bnyk xg dtg dr pd ne,
    udha ga betah q skolah disekolahan kyk gni,
    mslh bertubi" dr skolah, mana mslh rmh dtg trz,
    udha bosen sbnr'y q,
    kpn mslh kyk gni bsa selesai,
    yg kata'y tkj bubar, guru'y bnyk xg pndh, kepSek te"p ito ajh,
    huhhhh
    mana dirumah sering bnyk acara,
    aduuuuuuuhh

    puzing,,,,
    q pgen selesai urusan ne,

    satpam Manusia paling menyebalkan.
    Kpn kau akan menyingkir dr sMK terlebih d dunia ini.!

    BalasHapus
  42. tugas yang melelahkan
    sebenarnya kami ini sudah selesai untuk ujian semester 2,,,
    tapi sayangnya karena nilai q kurang jadi aku ngulang untuk remidi supaya nilai ku bisa tambah...........
    alhasilll capekk..........


    meski pengorabanan ku nii belum seberapa tapi semoga aja dengan nilai ku yang ini tidak begitu buruk untuk nilai rapor ku......
    remidi kkpi sih mungkin tidak begitu penting banget untuk kami,,,
    tapi yang ini remidi produktif...
    dimana - mana kalo produktif tuh penting untuk jurusan yang dijalani untuk orang itu.....
    yaaaaaa namanya juga TKJ......
    komputer lah selalu yang di utamakan........

    BalasHapus
  43. Paradigma Baru Dunia Pendidikan :

    Pengkhianatan dan Penyelewengan terhadap
    UUD 1945 - UU SISDIKNAS
    Di
    Kecamatan Sungai Bahar – Kabupaten Muaro Jambi – Propinsi Jambi


    Surat terbuka, ditujukan kepada Yth :

    Semua Pihak yang Berkepentingan dengan Sistem Pendidikan Indonesia


    Dengan Hormat

    Menyikapi permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan,khususnya di SMK MUHAMMADIYAH Sungai Bahar,Kecamatan Sungai Bahar,Kabupaten Muaro Jambi,Propinsi Jambi, Kami selaku anggota keluarga besar Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah ( untuk seterusnya akan di tulis sebagai TKJ SMKM ) yang terdiri dari orang tua,wali murid dan siswa siswi yang saat ini masih berstatus sebagai siswa siswi aktif di TKJ SMKM berniat untuk melayangkan PROTES KERAS sekaligus PETISI CLASS ACTION kepada Instansi instansi terkait yang berhubungan dengan SISDIKNAS.

    Setelah eksposing kasus contek ujian secara massal yang sudah ditangani oleh para pejabat yang berwenang di bidang pendidikan dan media massa,ternyata kini di daerah kami,di tempat sekolah anak anak kami,usaha oleh beberapa oknum yang mengaku sebagai guru,tenaga kependidikan bahkan dengan posisi sebagai Kepala Sekolah,Satpam dan Komite di SMKM Sungai Bahar telah mencapai titik klimaks dengan kasus yang nyaris sama parahnya.

    Secara jelas dan terencana serta teroganisir dengan rapi,mereka telah berusaha menciptakan peluang peluang bahkan kebijakan kebijakan dalam internal sekolah dalam rangka memboikot,mendiskriminasi,menekan,bahkan mengancam dan merampas barang milik anak anak kami telah dilakukan secara terang terangan oleh pihak pihak tersebut.

    Secara jelas dan gamblang,kejahatan terorganisir di bidang pendidikan ini telah melewati batas batas wajar.Pengkhianatan dan penyelewengan terhadap pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”, pasal 31 UUD 1945 serta UU SISDIKNAS telah terbukti dilaksanakan di SMKM Sungai Bahar.

    Saat ini,masa depan anak anak kami,masa depan Jurusan TKJ dimana anak anak kami belajar dan menimba ilmu pengetahuan telah terancam dikarenakan secara sepihak,dari pihak pengambil kebijakan di SMKM berniat untuk menutup jurusan tersebut yang menurut mereka adalah persetujuan bersama antara pihak PCM ( Pimpinan Cabang Muhammadiyah), Kepala sekolah SMK Muhammadiyah dan Komite Sekolah dengan dukungan dari Dewan Guru,Staff dan Satpam.

    Aturan dari mana ini semua? Sedangkan kami selaku Orang Tua,Wali Murid dan peserta didik yang bersangkutan sama sekali tidak dilibatkan sama sekali dalam pembubaran Jurusan.

    Menurut hierarki keorganisasian Muhammadiyah,secara struktural yang berhubungan dengan Kepala Sekolah SMK MUHAMMADIYAH adalah Majelis DIKDASMEN,bukan PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah ) secara langsung.

    Dalam segi Kedinasan bukankah seharusnya Kepala Sekolah berkonsultasi dahulu ke Dinas Pendidikan yang membawahi SMK?

    Sedangkan untuk Komite itu sendiri,bukankan komite sekolah justru bertugas untuk berperan serta MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN yang meliputi perencanaan,pengawasan dan evaluasi program pendidikan.Adapun Komite itu sendiri terdiri atas Orang Tua atau Wali Murid peserta didik,komunitas sekolah serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan.

    Tetapi apa yang terjadi di lapangan?

    Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah tidak pernah berkonsultasi dengan Majelis DIKDASMEN untuk membicarakan masalah program program sekolah baik program pembelajaran maupun program kerja.

    Komite Sekolah sampai saat ini ( yang kami ketahui ) hanya beranggotakan satu orang,dan itu pun dari pertama kali SMKM berdiri sampai saat ini masih belum pernah diganti.Adapun sampai saat ini,kami masih belum pernah mendengar ( minimal untuk tahun pelajaran 2010 – 2011 ) adanya wali murid atau orang tua murid serta anggota komunitas sekolah yang menjadi anggota dalam Komite Sekolah SMKM.

    Bagian I

    BalasHapus
  44. Pada kesempatan ini,kami selaku Orang Tua, Wali Murid dan peserta didik tidak berniat untuk mempermasalahkan urusan internal Organisasi Muhammadiyah. Karena yang akan kami semua minta adalah tanggung jawab Staff ,Komite Sekolah dan Kepala Sekolah SMKM yang dengan sewenang wenang telah dengan sengaja menodai nama baik Pendidikan Nasional.

    Kepala Sekolah beserta beberapa oknum yang mengaku sebagai pendidik dan tenaga kependidikan telah bersekongkol untuk menghancurkan anak anak kami,masa depan anak anak kami,masa depan para penerus kehidupan Bangsa Kita – Bangsa Indonesia yang Berdaulat dan Bermartabat.

    Apa yang akan terjadi di negeri ini,dengan bangsa ini – Bangsa Indonesia bilamana pada suatu saat nanti semua SMK bisa menutup jurusan dengan cara yang semudah membalik telapak tangan.

    Bagaimana dengan hak anak anak kami? Hak untuk belajar dan menerima pelajaran,hak untuk dapat mengerti tentang global informasi dan teknologi? Hak untuk menentukan dan berjuang demi cita cita mereka di masa depan?

    Selaku orang tua dan wali murid yang belajar di jurusan TKJ SMKM,kami tidak menemukan kesalahan dalam system pengajaran,materi pengajaran dan cara belajar anak anak kami. Kami melihat bahwa saat ini anak anak kami telah mencapai target pembelajaran untuk kelas X TKJ.

    Anak anak kami telah mampu merakit computer,melakukan instalasi system operasi,instalasi software,melakukan maintenance/perawatan computer baik dengan perawatan secara fisik maupun maintenance dengan software sekaligus mereparasi kerusakan yang ada dan lain lain sebagainya,bahkan sebagian anak anak kami saat ini sudah memberanikan diri untuk membuat unit usaha perakitan,service computer,instalasi software dan membuat percetakan undangan sampai dengan membuka usaha pengetikan di lokasi tinggal masing masing.



    Menurut release dari Kementrian Pendidikan Nasional,Direktoral Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2010, SMK MUHAMMADIYAH tercantum sebagai sekolah yang MASIH BELUM menerapkan Pembelajaran berbasis TIK / e-learning,
    MASIH BELUM menerapkan Pembelajaran Kewirausahaan dan MASIH BELUM menerapkan Pembelajaran membangun karakter bangsa.

    Saat ini,anak anak kami yang berada di Jurusan TKJ SMKM sudah merintis ketiga hal yang masih belum diakui oleh KEMENDIKNAS telah diterapkan di SMKM

    Dalam bidang e-learning,anak anak kami sedang berusaha menerapkan cara pembelajaran dengan video konferensi untuk pembelajaran jarak jauh,yang akan sangat berguna untuk tetap bertemu muka antara murid dan pengajar meskipun tidak ada di ruang kelas produktif,anak anak kami sudah menerapkan penggunaan buku buku BSE keluaran DIKNAS,menggunakan modul modul Digital Base sebagai pengganti paper base / buku pelajaran biasa,anak anak kami sudah menggunakan internet sebagai media komunikasi dan informasi,bahkan anak anak kami sudah memasukkan video tutorial pembelajaran ke dalam handphone multi media sehingga mereka bisa belajar di mana saja dan kapan saja mereka mau.

    Dalam segi kewirausahaan,anak anak kami telah berusaha menciptakan lapangan kerja masing masing ( padahal baru kelas X ),baik usaha perakitan,service,instalasi software,maupun percetakan undangan dan pengetikan di lokasi tinggal masing masing,terlepas hal tersebut usaha individu maupun kelompok.

    Dalam Pembelajaran membangun karakter bagsa,anak anak kami minimal telah membuat baju kelas khusus TKJ yang mengikutsertakan lambang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia,memasukkan logo Linux BlankOn sebagai salah satu operating system ciptaan Bangsa kita sendiri yang pada versi 1 dan 2 dalam pembuatannya telah di sponsori oleh UNESCO yang notabene adalah organisasi internasional yag berbadan induk di UN / PBB,Linux BlankOn ini bahkan dalam release resmi Breaking Barriers UNDP ( United Nation Development Program ) telah diakui sebagai salah satu system operasi open source yang berpengaruh terhadap perkembangan umat manusia.


    Bagian II

    BalasHapus
  45. Anak anak kami juga telah memasukkan kalimat ‘PASUKAN ANTI KORUPSI” tepat terletak di bawah lambang bendera merah putih,karena telah ditanamkan kesadaran bahwa salah satu hal yang PALING MERUSAK,mencabik cabik dan MENGHANCURKAN NEGARA KITA ini adalah KORUPSI.

    Apalagi yang salah dan kurang dari anak kami?

    Sedangkan oknum oknum dari SMKM berusaha untuk membunuh kecerdasan intelektual anak anak kami,berusaha membunuh kebanggaan rasa ikut memiliki Bangsa Indonesia yang Merdeka dan berdaulat ini,menghancurkan impian anak anak kami untuk dapat berwirausaha dan membuka usaha sendiri,dengan usaha sendiri,bahkan dengan bangga mematahkan semangat ANTI KORUPSI yang yang dicanangkan oleh para Pemimpin Bangsa ini dan seharusnya sudah ditanamkan kepada anak anak calon penerus generasi bangsa ini sedari dini.

    Apa yang sudah dilakukan oleh oknum oknum tersebut selain merusak mental,spiritual,kecerdasan intelektual dan masa depan anak anak kami?




    Sedangkan untuk praktikum harian saja anak anak kami harus meminjam modem,akses internet,peralatan perakitan dan instalasi computer milik pribadi guru guru mereka karena SMKM kekurangan alat alat praktek,bahkan anak anak kami rela untuk pergi ke warnet dengan beaya sendiri untuk dapat mengerjakan tugas dan belajar dengan cara e-learning.Apakah pihak sekolah mau tahu? Jawabannya Cuma satu ; TIDAK!
    Selaku orang tua murid,pada saat peneriman rapor kemarin,kami sudah mendengar dari anak anak kami,bahwa 80% dari alat praktek hardware dan software jurusan TKJ adalah peralatan dan software milik pribadi guru guru pengajar.

    Apa yang sudah dilakukan oleh oknum oknum yang ada di SMKM selain mencerca anak anak kami menghabiskan dana untuk praktek dan lain lain hingga puluhan juta rupiah sehingga sekolah harus nombok dengan dana yang berasal entah darimana?
    Sedangkan alokasi pos dana praktek sebesar Rp 20.000 rupiah tiap bulan / siswa yang dikhususkan untuk beaya praktikum saja tidak jelas arahnya,apakah pihak sekolah tidak menaruh kasihan kepada anak anak kami yang lain,baik dari jurusan otomotif,akuntansi dan pemasaran yang tidak pernah dan tidak mempunyai alat alat praktek atau seandainya memiliki alat praktekpun sangat sangat minim sekali.

    Bahwa kegiatan kegiatan dibawah OSIS SMK dan ekstra kurikuler yang ada di SMKM kecuali kegiatan volley dan futsal dengan sengaja telah dimatikan oleh pihak sekolah,salah satunya adalah kegiatan Siswa Pecinta Alam MADYAPALA,yang merupakan sispala pertama yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. Jangankan SISPALA,sedangkan saat ini kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka SMKM saja masih dianggap sebagai KEGIATAN ILLEGAL DI SMK oleh Bp Sigit Gunawan dan Bp Rahmad selaku satpam SMKM,padahal setiap murid SMKM dipungut iuran rutin Rp 10.000 perbulan untuk iuran OSIS dan Rp 10.000 perbulan untuk iuran PRAMUKA.

    Mau dibawa kemana dana BOSDA yang diterima dari pemerintah sehingga ada tuduhan jurusan anak anak kami menghabiskan dana sekolah? Padahal kami pernah mendengar bahwa YANG BERHAK MENGETAHUI ALOKASI DANA BOSDA DAN LAIN LAIN DI SMK MUHAMMADIYAH HANYA BENDAHARA SEKOLAH,KEPALA SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH. Kalimat ini terucap sendiri oleh Bp R.Kartono selaku Ketua Komite SMKM seumur hidup,dimana anggota komite yang lain masih dipertanyakan keberadaannya.

    Bagian II

    BalasHapus
  46. Aturan darimana lagi yang dipakai oleh oknum oknum itu? Bukankah dana bosda dan dana bantuan bantuan yang lainnya memang harus diawasi alokasi penggunaannya,serta HARUS TRANSPARAN DAN AKUNTABEL dalam penggunaannya?


    Sebagai Orang Tua,Wali murid sebenarnya tidak banyak yang akan kami minta,kami hanya akan meminta,biarkanlah anak anak kami belajar di jurusan yang mereka pilih,karena mereka sudah merasa cocok dengan Jurusan TKJ tanpa ada pendiskriminasian,penekanan,usaha menghancurkan mereka.


    SEGERA HENTIKAN SABOTASE DARI PIHAK SEKOLAH YANG TELAH TERBUKTI MELARANG CALON SISWA SISWI BARU YANG MENDAFTAR DI JURUSAN TKJ SMKM

    Karena kami selaku orang tua murid memahami,bahwa hal diatas bisa dijadikan alasan oleh pihak sekolah:


    Bilamana tidak ada siswa yang mendaftar di TKJ SMKM,pasti akan keluar berita bahwa TKJ SMKM DI TUTUP KARENA TIDAK ADA PENDAFTAR / SISWA BARU,padahal ini adalah kebohongan semata dari pihak SMKM,karena menurut anak anak kami yang memantau,sudah lebih dari 20 orang calon siswa baru yang ingin masuk ke TKJ di tolak oleh pihak PANITIA PSB SMKM yang notabene anggota harian ( yang setiap saat bertugas sebagai petugas pendaftaran ) adalah Bp Sigit Gunawan ( Guru BP SMKM ), Bp.Sulaiman Ghoni ( Waka Kesiswaan SMKM ),TU,Ibu Fatriyah ( Waka Kurikulum SMKM ),Bp.Rahmad ( Satpam SMKM ) dan yang pasti mereka adalah bawahan serta menerima perintah dari Bp Suparyanto selaku KEPALA SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH SUNGAI BAHAR.
    Sedangkan sebagian guru guru yang lain hanya sekedar mendiamkan saja,karena mungkin malas diajak ramai oleh oknum oknum tersebut.

    BIARKANLAH ANAK ANAK KAMI MENJADI GENERASI PENERUS BANGSA YANG MEMPUNYAI KEAHLIAN DAN KECERDASAN INTELEKTUAL

    Sampai kapan oknum dari pihak sekolah bosan untuk tidak mengkhianati cita cita luhur Bangsa,bukankan sudah menjadi sebagian tugas dari pada para guru,pendidik,tenaga pendidikan untuk IKUT MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA?

    Bagian IV

    BalasHapus
  47. Apakah keinginan kami ini selaku Orang Tua / Wali murid,disaksikan oleh anak aak kami sendiri ini terlalu berlebihan?

    Kami tidak mempermasalahkan bahwa pengajar keahlian anak anak kami berambut panjang atau botak sekalipun dan memakai baju sederhana atau bahkan kaus pendek pada saat mengajar,yang kami butuhkan adalah pendidik yang memiliki keahlian di bidang jurusan yang anak anak kami pilih.TITIK.

    Kalau kami hanya memperhatikan penampilan rapi sebagai alasan dijadikan guru,kami tentu akan lebih memilih para salesman yang memakai jas rapi,berdasi dan memakai sepatu pantovel meskipun tidak mempunyai skill dan tidak memahami masalah pendalaman ilmu dan teknologi sekaligus berperan sebagai Kepala Sekolah, kami akan lebih memilih SPG di mall sebagai guru ilmu kewirausahaan anak anak kami.

    Sekarang pertanyaannya adalah : Apakah memang harus seperti itu?

    Apakah kami selaku Orang Tua dan Wali Murid harus meminta pihak sekolah untuk mempekerjakan salesman dan SPG Mall sebagai guru bagi anak anak kami?

    Yang kami butuhkan adalah guru yang bisa memberikan life skill kepada anak anak kami,guru guru yang melek ICT,guru guru yang bisa memberikan motivasi semangat belajar kepada anak anak kami,guru yang bisa menanamkan pengertian ke anak anak kami ‘learning how to learn’ atau bagaimana cara belajar untuk bisa belajar.

    Apakah keinginan kami ini berlebihan? Kami kira seluruh orangtua dan wali murid seluruh pelosok Indonesia menginginkan hal yang sama. NEVER JUDGE BOOK BY ITS COVER adalah peribahasa yag tepat untuk kondisi seperti ini.

    PENYELEWENGAN TERHADAP UUD 1945 dan UU SISDIKNAS yang terjadi SMKM HARUS SEGERA DIHENTIKAN SESEGERA MUNGKIN


    SEGERA HENTIKAN AROGANSI KEPALA SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH YANG DENGAN TEGUH DAN BERUSAHA KERAS UNTUK MEWUJUDKAN UPAYA PEMBODOHAN SECARA PERMANEN DI LINGKUNGAN SMK MUHAMMADIYAH SUNGAI BAHAR


    Atas nama Keluarga Besar TKJ SMKM,kami meminta kepada pihak pihak terkait untuk menindaklanjuti masalah keadaan yang terjadi di SMK Muhammadiyah Sungai Bahar,dalam hal ini adalah oknum oknum yang mengaku sebagai Kepala Sekolah, Komite,Oknum Staff SMKM termasuk Satpam dan Guru yang telah melanggar UU SISDIKNAS tersebut.

    Adapun bilamana dibutuhkan,kami bersedia menghadap atau dipertemukan baik untuk klarifikasi maupun rekonfirmasi permasalahan dengan semua pihak yang berkaitan di satu meja permusyawarahan.

    Bagian V

    BalasHapus
  48. Tembusan ;

    Gubernur KDH TK I Propinsi Jambi
    Kepala Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jambi
    Bupati KDH TK II Muaro Jambi
    Kepala Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi
    Ketua DPRD TK I Propinsi Jambi
    Ketua DPRD TK II Kabupaten Muaro Jambi
    BEM STIMIK Nurdin Hamzah - Jambi
    BEM STIKOM Dinamika Bangsa - Jambi
    BEM STIE Muhammadiyah - Jambi
    Kubu Cyber jambi
    Komunitas Pengguna Linux Jambi
    Komunitas Kaskuser Jambi
    Komunitas Facebooker Jambi
    Komunitas Blogger Jambi
    LSM GEMABATU ( Gerakan Masyarakat Bahar Bersatu ) - Sungai Bahar
    LSM BRANTAS - Jambi
    Network Operation Centre UNJA ( NOC UNJA ) - Jambi
    LBH UNJA
    LBH UNBARI
    SCTV
    TRANS TV
    TRANS 7
    RCTI
    TV One
    INDOSIAR
    GLOBAL TV
    TVRI JAMBI
    JAMBI TV
    JEK TV
    PWI Jambi
    Jambi Independent
    Jambi Ekspres
    Jambi Star
    Muaro Jambi Ekspres
    Pos Metro Jambi
    Harian Seputar Indonesia
    Republika
    KOMPAS
    Kedaulatan Rakyat
    Sinar Harapan
    Global Jambi
    Harapan Rakyat
    Media Pendidikan
    JAMBI FM
    EL JOHN FM
    Pro 2 FM Jambi
    RRI JAMBI
    SITUS SITUS JARINGAN YANG BERKAITAN DENGAN PENDIDIKAN di INDONESIA
    Arsip

    Dan bagi semua unsur dan elemen masyarakat yang merasa ikut berkepentingan dalam penegakan sistem Pendidikan Nasional,release dapat di akses di BLOG TKJ SMK Muhammadiyah : http://tkj-smk-muhammadiyah.blogspot.com

    Sedangkan mirror akses berupa comment dalam keadaan terbatas dapat dilihat di blog : http://cakpryanto.blogspot.com ( Blog Kepala Sekolah SMK MUHAMMADIYAH SUNGAI BAHAR )


    Format asli dalam bentuk file doc dapat di unduh dari alamat:

    http://www.ziddu.com/download/15492057/petisifinalrelease.doc.html

    terima kasih

    BalasHapus
  49. baru aja test SEO pake mbah google...
    blog tkj smkm meskipun masih sepi posting,masih sepi penduduk,ternyata masih keliatan dihargai oleh simbah kyai google...

    jauh lebih dihargai oleh SE daripada sekolah sendiri...parah parahhhhhhh...

    rank 1 dari sekitar 1.490.000 alamat website reference dari mbah google....

    ahhhhhhhhh......kapan oara petinggi sekolah bersedia untuk 'melek dari gaptek' ya?

    keknya harapan itu tidak akan terwujud di SMK Muhammadiyah...

    BTW,anak anak...dari jurusan apapun kalian...TETAP BERJUANG!!!! SEMANGAT !!!!!!!

    http://tkj-smk-muhammadiyah.blogspot.com/2011/06/ealahmasuk-rank-1-to.html

    BalasHapus